MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR


           I.                   PENJELASAN TENTANG MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR BERDASARKAN TOKOH AHLI

1). Thales (624-548 SM)
Ahli filsafat dan matematika, pelopor dari segala cabang ilmu. Thales dianggap sebagai orang pertama yang mempertanyakan dasar dari alam dan segala isinya. Dia berpendapat bahwa pangkal segala sesuatu adalah air.

2). Pythagoras (580-500 SM)
Seorang ahli matematika. Dia mengemukakan 4 unsur dasar suatu benda, yaitu tanah, air, api dan udara. Pythagoras juga terkenal dengan dalilnya, yaitu Dalil Pythagoras. Dalil ini mengatakan bahwa kuadrat panjang sisi miring sebuah segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat panjang kedua sisi siku-sikunya.
3). Socrates (470-399 SM)
 Socrates dianggap sebagai tonggak sejarah ilmu pengetahuan Yunani karena sejak Socrates ini banyak penyelidikan yang dilakukan terhadap pengetahuan yang menyangkut kehidaupan manusia, sedangkan sebelumnya orang terutama mengadakan penyelidikan yang menyangkut alam. Hasil pemikirannya dihimpun oleh Plato, diantaranya tentang Logika, yakni adanya premis mayor, premis minor dan conclusion.
       4). Leucipus dan Demokritos (460-370 SM)
Penemu teori atom. Menurut Leucipus dan Demokritos, zat yang memiliki bangun butir. Segala zat terdiri dari atom. Atom ini tidak dapat dimusnahkan dan tidak dapat diubah. Atom dapat berbeda dalam bentuk dan ukurannya. Segala zat berbeda dalam jumlah dan susunan atom. Semua perubahan yang terjadi pada benda adalah akibat dari penggabungan dan penguraian atom menurut hukum sebab akibat.
        5). Aristoteles (384-322 SM)
Aristoteles berpendapat bahwa ada 5 unsur dasar dari segala sesuatu, yaitu tanah, air, api, udara, dan eter. Unsur yang satu dapat berubah menjadi unsur yang lain, kecuali eter. Misalnya, dari air dan tanah yang main masak akan berubah menjadi garam, biji dan logam.
         6). Archimedes (287-212 SM)
Archimedes adalah ahli matematika, fisika dan mekanika. Dia sudah menggunakan cara empiris yang didasarkan pada pengalaman atau percobaan. Archimedes menemukan bahwa benda terapung di air akan kehilangan berat sesuai dengan berat air yang terdesak.



              II.                 RUANG LINGKUP MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR

Menurut silabus Ilmu Alamiah Dasar yang diterbitkan oleh KonsorsiumMKDU Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdibud serta DirektoratJenderal Perguruan Tinggi Agama Jakarta, materi IAD meliputi :

•Perkenalan dengan IPA
•Ruang lingkup IPA
•IPA dan perkembangan Biologi
•Dampak perkembangan IPA dan teknologi terhadap kehidupanmanusia.
•IPA, teknologi, dan kelangsungan hidup manusia.Ilmu Alamiah Dasar ( Basic Natural Science) merupakan ilmu pengetahuan alam yang mengkaji prinsip esensial saja, sehingga ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) secara garis besar meliputi:
1.      Fisika (Physics)
Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tidak hidup atau matidari aspek wujud dengan perubahan–perubahan yang bersifat sementara.Fisika secara klasik dibagi dalam mekanika, panas, bunyi, cahaya,gelombang, listrik, magnit dan teknik mekanik, teknik sipil, teknik listrik dan termasuk dalam lingkup besar ilmu bumi dan antariksa
2.      Kimia (Chemistry)
Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda hidup dan tidak hidupdari aspek susunan materi dan perubahan–perubahan yang bersifat tetap.Kimia secara gari besar dibagi menjadi kimia anorganik dan kimia organik.Kedua bagian itu pada dasarnya membahas dasar keseluruhan, kemudiandiikuti dengan analisis kualitatif dan kuantittif.
3.      Biologi (Biological Science)
Ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala– gejalanya. Diantaranya ada botani,zoology,morfologi,anatomi,fisiologi,dan sitology.
Menurut Abdullah Aly dan Eny Rahma dalam bukunya Ilmu AlamiahDasar bahwa ruang lingkup IAD adalah sbb:
1) Alam semesta dan tata surya
2) Bumi
3) Asal mula kehidupan bumi






Ruang Lingkup  untuk pembelajaran matematika  sekolah
dasar (SD/MI) sebagai berikut:
1.  Bilangan
2.  Geometri dan pengukuran
3.  Pengolahan data
Ruang lingkup mata pelajaran matematika untuk  sekolah
menengah pertama adalah sebagai berikut:
1.  Bilangan
Melakukan dan mengunakan  sifat-sifat operasi hitung
bilangan   dalam pemecahan masalah
 Menaksir hasil operasi hitung
2.  Pengukuran dan Geometri
Mengidentifikasi  bangun  datar  dan  bangun  ruang
menurut sifat, unsur, atau kesebangunannya
 Melakukan  operasi  hitung  yang  melibatkan  keliling,
luas, volume, dan satuan pengukuran
Menaksir  ukuran  (misal:  panjang,  luas,  volume)  dari
benda atau bangun geometri 
Mengidentifikasi  sifat  garis  dan  sudut  dalam
pemecahan masalah
3.  Peluang dan statistika
Mengumpulkan,  menyajikan,  dan  menafsirkan  data
(ukuran pemusatan data)
            Menentukan dan menafsirkan peluang suatu kejadian
4.  Aljabar
Melakukan  operasi  hitung  pada  persamaan,
pertidaksamaan,  dan  fungsi,  meliputi:  bentuk  linear,
kuadrat,  barisan  dan  deret,  dalam  pemecahan
masalah.
Ruang lingkup  mata pelajaran matematika untuk Sekolah
Menengah  Atas  dan  Madrasah  Aliyah  adalah  sebagai
berikut:
1.  Pengukuran dan geometri
 Menggunakan  sifat  dan  aturan  dalam  menentukan
posisi,  jarak,   sudut,  volum,  dan transformasi  dalam
pemecahan masalah
2.  Peluang dan Statistika
Menyusun  dan  menggunakan  kaidah  pencacahan
dalam menentukan banyak kemungkinan
 Menentukan  dan  menafsirkan  peluang  kejadian
majemuk
Menyajikan dan meringkas data dengan berbagai cara
dan memberi tafsiran
3.  Trigonometri
 Menggunakan  perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
 Menggunakan  manipulasi  aljabar  untuk
merancang/menyusun bukti
4.  Aljabar
Menggunakan  operasi  dan  manipulasi  aljabar  dalam
pemecahanmasalah  yang  beraitan  dengan:  bentuk
pangkat,  akar,  logaritma,  persamaan  dan  fungsi
komposisi dan fungsi invers
Menyusun/menggunakan  persamaan  lingkaran  dan
garis singgungnya
 Menggunakan algoritma pembagian, teorema sisa, dan
teorema faktor dalam pemecahan masalah
  Merancang  dan  menggunakan  model  matematika
program linear
 Menggunakan sifat dan aturan yang berkaitan dengan
barisan,  deret,  matriks,  vektor,  transformasi,  fungsi
eksponen, dan logaritma dalam pemecahan masalah
5.      Kalkulus
Menggunakan  konsep  limit  fungsi,  turunan,  dan
integral dalam pemecahan masalah



                III.              HUBUNGAN ANTARA MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR DENGAN PSIKOLOGI

Matematika Merupakan Ilmu yang memerlukan nalar untuk menyelesaikan masalah atau soal-soalnya. Sementara itu, ilmu alamiah dasar atau biasa disebut ilmu pengetahuan alam merupakan ilmu yang mengkaji tentang gejala alam meliputi tentang ilmu biologi jadi Matematika dan Ilmu budaya dasar memiliki hubungan dengan psikologi karena sangat membantu dalam ilmu pengetahuan karena ilmu pengetahuan berdasarkan pada observasi dan eksperimen. Ilmu pengetahuan memerlukan matematika untuk membantunya menemukan jawaban dan menyusun teori. Sedangkan psikologi memerlukan matematika dan ilmu alamiah dasar untuk menyusun teori dan melakukan perhitungan. Sementara itu salah satu cabang ilmu pengetahuan adalah biologi. Biologi amat penting bagi ilmu psikologi terutama untuk mempelajari berbagai macam mekanisme dalam tubuh manusia. Melalui berbagai penelitian, ilmu biologi dapat menjelaskan hal-hal seperti proses penginderaan pada manusia, alasan saat takut detak jantung menjadi lebih cepat dan sebagainya. Ini amat membantu perkembangan ilmu psikologi.

IV. DAFTAR PUSTAKA 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERTUMBUHAN BIJI KACANG HIJAU DI TEMPAT GELAP DAN TERANG

PERKEMBANGAN IPTEK

GEOGRAFI DAN KEHIDUPAN