MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR
I.
PENJELASAN TENTANG MATEMATIKA DAN
ILMU ALAMIAH DASAR BERDASARKAN TOKOH AHLI
1). Thales (624-548 SM)
Ahli filsafat dan matematika, pelopor dari segala
cabang ilmu. Thales dianggap sebagai orang pertama yang mempertanyakan dasar
dari alam dan segala isinya. Dia berpendapat bahwa pangkal segala sesuatu
adalah air.
2). Pythagoras (580-500 SM)
Seorang ahli matematika. Dia mengemukakan 4 unsur dasar
suatu benda, yaitu tanah, air, api dan udara. Pythagoras juga terkenal dengan
dalilnya, yaitu Dalil Pythagoras. Dalil ini mengatakan bahwa kuadrat panjang
sisi miring sebuah segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat panjang kedua
sisi siku-sikunya.
3). Socrates
(470-399 SM)
Socrates dianggap sebagai tonggak sejarah ilmu
pengetahuan Yunani karena sejak Socrates ini banyak penyelidikan yang dilakukan
terhadap pengetahuan yang menyangkut kehidaupan manusia, sedangkan sebelumnya
orang terutama mengadakan penyelidikan yang menyangkut alam. Hasil pemikirannya
dihimpun oleh Plato, diantaranya tentang Logika, yakni adanya premis mayor,
premis minor dan conclusion.
4). Leucipus dan Demokritos (460-370 SM)
Penemu teori
atom. Menurut Leucipus dan Demokritos, zat yang memiliki bangun butir. Segala
zat terdiri dari atom. Atom ini tidak dapat dimusnahkan dan tidak dapat diubah.
Atom dapat berbeda dalam bentuk dan ukurannya. Segala zat berbeda dalam jumlah
dan susunan atom. Semua perubahan yang terjadi pada benda adalah akibat dari
penggabungan dan penguraian atom menurut hukum sebab akibat.
5). Aristoteles (384-322 SM)
Aristoteles
berpendapat bahwa ada 5 unsur dasar dari segala sesuatu, yaitu tanah, air, api,
udara, dan eter. Unsur yang satu dapat berubah menjadi unsur yang lain, kecuali
eter. Misalnya, dari air dan tanah yang main masak akan berubah menjadi garam,
biji dan logam.
6). Archimedes (287-212 SM)
Archimedes
adalah ahli matematika, fisika dan mekanika. Dia sudah menggunakan cara empiris
yang didasarkan pada pengalaman atau percobaan. Archimedes menemukan bahwa
benda terapung di air akan kehilangan berat sesuai dengan berat air yang
terdesak.
II.
RUANG LINGKUP MATEMATIKA DAN ILMU
ALAMIAH DASAR
Menurut silabus Ilmu
Alamiah Dasar yang diterbitkan oleh KonsorsiumMKDU Direktorat Jenderal
Perguruan Tinggi Depdibud serta DirektoratJenderal Perguruan Tinggi Agama
Jakarta, materi IAD meliputi :
•Perkenalan dengan IPA
•Ruang lingkup IPA
•IPA dan perkembangan
Biologi
•Dampak perkembangan IPA
dan teknologi terhadap kehidupanmanusia.
•IPA, teknologi, dan
kelangsungan hidup manusia.Ilmu Alamiah Dasar ( Basic Natural Science)
merupakan ilmu pengetahuan alam yang mengkaji prinsip esensial saja, sehingga
ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) secara garis besar
meliputi:
1. Fisika (Physics)
Suatu
ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tidak hidup atau matidari aspek wujud
dengan perubahan–perubahan yang bersifat sementara.Fisika secara klasik dibagi
dalam mekanika, panas, bunyi, cahaya,gelombang, listrik, magnit dan teknik
mekanik, teknik sipil, teknik listrik dan termasuk dalam lingkup besar ilmu
bumi dan antariksa
2. Kimia (Chemistry)
Suatu
ilmu pengetahuan yang mempelajari benda hidup dan tidak hidupdari aspek susunan
materi dan perubahan–perubahan yang bersifat tetap.Kimia secara gari besar
dibagi menjadi kimia anorganik dan kimia organik.Kedua bagian itu pada dasarnya
membahas dasar keseluruhan, kemudiandiikuti dengan analisis kualitatif dan
kuantittif.
3. Biologi (Biological Science)
Ilmu
pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala– gejalanya. Diantaranya
ada botani,zoology,morfologi,anatomi,fisiologi,dan sitology.
Menurut
Abdullah Aly dan Eny Rahma dalam bukunya Ilmu AlamiahDasar bahwa ruang lingkup
IAD adalah sbb:
1)
Alam semesta dan tata surya
2)
Bumi
3)
Asal mula kehidupan bumi
Ruang
Lingkup untuk pembelajaran matematika sekolah
dasar
(SD/MI) sebagai berikut:
1. Bilangan
2. Geometri dan pengukuran
3. Pengolahan data
Ruang
lingkup mata pelajaran matematika untuk
sekolah
menengah
pertama adalah sebagai berikut:
1. Bilangan
Melakukan
dan mengunakan sifat-sifat operasi
hitung
bilangan dalam pemecahan masalah
Menaksir hasil operasi hitung
2. Pengukuran dan Geometri
Mengidentifikasi bangun
datar dan bangun
ruang
menurut
sifat, unsur, atau kesebangunannya
Melakukan
operasi hitung yang melibatkan
keliling,
luas,
volume, dan satuan pengukuran
Menaksir ukuran
(misal: panjang, luas,
volume) dari
benda
atau bangun geometri
Mengidentifikasi sifat
garis dan sudut
dalam
pemecahan
masalah
3. Peluang dan statistika
Mengumpulkan, menyajikan,
dan menafsirkan data
(ukuran
pemusatan data)
Menentukan
dan menafsirkan peluang suatu kejadian
4. Aljabar
Melakukan operasi
hitung pada persamaan,
pertidaksamaan, dan
fungsi, meliputi: bentuk
linear,
kuadrat, barisan
dan deret, dalam
pemecahan
masalah.
Ruang
lingkup mata pelajaran matematika untuk
Sekolah
Menengah Atas
dan Madrasah Aliyah
adalah sebagai
berikut:
1. Pengukuran dan geometri
Menggunakan
sifat dan aturan
dalam menentukan
posisi, jarak,
sudut, volum, dan transformasi dalam
pemecahan
masalah
2. Peluang dan Statistika
Menyusun dan
menggunakan kaidah pencacahan
dalam
menentukan banyak kemungkinan
Menentukan
dan menafsirkan peluang
kejadian
majemuk
Menyajikan
dan meringkas data dengan berbagai cara
dan
memberi tafsiran
3. Trigonometri
Menggunakan
perbandingan, fungsi, persamaan, dan
identitas
trigonometri dalam pemecahan masalah
Menggunakan
manipulasi aljabar untuk
merancang/menyusun
bukti
4. Aljabar
Menggunakan operasi
dan manipulasi aljabar
dalam
pemecahanmasalah yang
beraitan dengan: bentuk
pangkat, akar,
logaritma, persamaan dan
fungsi
komposisi
dan fungsi invers
Menyusun/menggunakan persamaan
lingkaran dan
garis
singgungnya
Menggunakan algoritma pembagian, teorema sisa,
dan
teorema
faktor dalam pemecahan masalah
Merancang
dan menggunakan model
matematika
program
linear
Menggunakan sifat dan aturan yang berkaitan
dengan
barisan, deret,
matriks, vektor, transformasi,
fungsi
eksponen,
dan logaritma dalam pemecahan masalah
5. Kalkulus
Menggunakan konsep
limit fungsi, turunan,
dan
integral dalam pemecahan
masalah
III.
HUBUNGAN ANTARA MATEMATIKA DAN ILMU
ALAMIAH DASAR DENGAN PSIKOLOGI
Matematika
Merupakan Ilmu yang memerlukan nalar untuk menyelesaikan masalah atau
soal-soalnya. Sementara itu, ilmu alamiah dasar atau biasa disebut ilmu
pengetahuan alam merupakan ilmu yang mengkaji tentang gejala alam meliputi
tentang ilmu biologi jadi Matematika dan Ilmu budaya dasar memiliki hubungan
dengan psikologi karena sangat membantu dalam ilmu pengetahuan karena ilmu
pengetahuan berdasarkan pada observasi dan eksperimen. Ilmu pengetahuan
memerlukan matematika untuk membantunya menemukan jawaban dan menyusun teori.
Sedangkan psikologi memerlukan matematika dan ilmu alamiah dasar untuk menyusun
teori dan melakukan perhitungan. Sementara itu salah satu cabang ilmu
pengetahuan adalah biologi. Biologi amat penting bagi ilmu psikologi terutama
untuk mempelajari berbagai macam mekanisme dalam tubuh manusia. Melalui
berbagai penelitian, ilmu biologi dapat menjelaskan hal-hal seperti proses
penginderaan pada manusia, alasan saat takut detak jantung menjadi lebih cepat
dan sebagainya. Ini amat membantu perkembangan ilmu psikologi.
IV. DAFTAR PUSTAKA
IV. DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar